Kode Bank BJB dan Beberapa Bank Lain di Indonesia : Kinemaster

Kode Bank BJB dan   Cara Transfer Antar Bank

Jika Anda ingin transfer dari bank lain ke bank BJB, Anda akan memerlukan kode bank BJB. Kebutuhan  akan transfer telah menjadi kebutuhan bagi orang-orang di Indonesia saat mereka menjalani kehidupan sehari-hari. Orang biasanya melakukan kegiatan transfer dengan tujuan untuk membeli dan menjual secara online.

Saat ini, masyarakat sering berbelanja online untuk memenuhi kebutuhannya. Baik Anda berbelanja kebutuhan dasar, pakaian, perangkat elektronik, dan banyak lagi. Untuk melakukan pembayaran dalam kasus yang jarang terjadi, Anda harus mentransfernya antar bank karena akun yang menjadi tujuan Anda berbeda dari akun yang Anda miliki.

Untuk ini, Anda perlu mengetahui kode bank yang ada, sehingga Anda dapat melakukan transfer antar bank. Kode bank ini telah menjadi kontrak untuk semua layanan perbankan di Indonesia. Jika Anda tidak menggunakan kode bank Anda, Anda tidak akan dapat melakukan transfer antar bank. Hal ini dikarenakan ketika anda melakukan transfer antar bank tanpa menggunakan kode bank tujuan, sudah pasti ditolak oleh mesin.

Ada begitu banyak kode bank di Indonesia sehingga jika Anda harus menghafal semuanya, sepertinya tidak mungkin. Namun,  alangkah baiknya untuk menghafal kode bank yang banyak ditanyakan oleh mayoritas WNI. Misalnya, kode bank BJB  , kode bank BNI,  kode bank BRI, kode bank BCA dan kode bank Mandiri.

Bank di atas merupakan bank dengan jumlah nasabah yang sangat banyak di Indonesia. Jadi kemungkinan Anda akan mengirim uang ke salah satu bank ini. Menghafal kode bank yang banyak digunakan akan sangat berguna. Dengan cara ini, Anda tidak perlu memeriksa daftar kode bank saat mengirim uang.

Apa itu Kode Bank BJB?

Kode bank BJB  adalah kode unik yang dimiliki oleh Bank BJB. Kode unik telah menjadi  kes e pakatan bersama dengan bank lain  di Indonesia.  Kode bank biasanya tiga digit. Saat melakukan transfer antar bank, kode bank harus dimasukkan sebelum nomor rekening tujuan.

Ada biaya tambahan untuk melakukan transfer antar bank. Biaya yang dikenakan tergantung pada bank yang Anda gunakan. Jika saldo dijumlahkan bersama dengan biaya transfer yang harus dibayar agar transfer  berhasil, Anda  perlu memastikan bahwa saldonya cukup. Biasanya ada juga jumlah minimum yang ditransfer.

Misalnya, biaya transfer bank BJB ke bank lain adalah Rp 6.500. Kemudian bank juga memberlakukan batas maksimal transfer harian. Jumlahnya sendiri bervariasi, ada yang Rp 10.000.000 dan ada juga yang Rp 15.000.000. Jika Anda  melakukan tran s fer melalui bank, uang biasanya ditransfer dengan sangat cepat.

Jenis transfer uang yang dilakukan melalui bank

Jika Anda adalah nasabah salah satu bank di Indonesia, Anda perlu mengetahui jenis-jenis pengiriman uang  yang dilarang di Indonesia  . Ada tiga jenis pengiriman uang: BI Country Clearing System (SKNBI), Real-Time Total Payment (RTGS), dan Online Remittances.  Saat ini, sebagian besar masyarakat Indonesia hanya mengetahui jenis transfer uang online.

Layanan SKNBI dapat diakses langsung dari kantor terdekat.  Dengan sistem kliring ini, Anda akan mendapatkan biaya transfer rendah sebesar Rp 5.000.  Namun, dana akan memakan waktu 4 jam untuk mencapai akun tujuan mereka.

Untuk metode RTGS, digunakan untuk transportasi dalam jumlah yang sangat besar. Jumlah minimum transfer RTGS mencapai Rp100.000.000 setiap kali transaksi dilakukan. Sistem ini  umumnya jarang digunakan oleh individu yang melakukan konversi dari Bank C ke Bank D, namun nyatanya juga dapat digunakan oleh individu selama batas minimum transfer terpenuhi.

Selain itu, yaitu transmisi online, jenis transmisi online ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Jenis transfer ini dapat dilakukan melalui mesin ATM atau smartphone. Biaya transfer online ini biasanya berkisar antara Rp6.500 hingga Rp7.500 per transaksi.

Kode Bank BJB dan Beberapa Bank Lain di Indonesia

Ada juga banyak kode bank yang ada karena ada banyak bank di Indonesia. Berikut ini adalah kode Bank BJB 110, Bank BJB Siaria 425, b ank BCA 014, b ank Mandiri 008, b ank BNI 009, b ank BNI Syariah 427, b ank  BRI 002, b ank Syariah Mandiri 451, b ank CIMB Niaga  022    , b ank CIMB Niaga   Syariah 022,  b ank ank Muamalat 147, dan bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) 213.

이미 위에서 언급 한  것 외에도 은행 코드 JENIUS 213, b ank BRI Syariah 422, b ank Tabungan Negara (BTN) 200, Permata Bank 013, b ank Danamon 011,  b ank BII Maybank 016,  b ank Mega 426, b ank Sinarmas 153     , b ank Commonwealth 950  , b ank OCBC NISP 028, b ank Bukopin 441, b ank BCA Syariah 536, bank Lippo 026  , Citibank 031 및 Indosat Dompetku 789.

Padahal, Indonesia masih memiliki banyak kode bank karena masing-masing bank memiliki kode tersendiri. Kode ini digunakan saat melakukan transfer antar bank. Untuk melihat daftar lengkap kode bank di Indonesia, Anda bisa menggunakan mesin ATM.

Cara melakukan transfer antar bank melalui mesin ATM

Misalkan Anda akan melakukan  trans fer dengan rekening tujuan Anda di Bank BJB.  Langkah pertama adalah mengunjungi mesin ATM terdekat saat ini.  Kemudian, pastikan saldo ATM Anda cukup untuk mentransfer uang.  Selanjutnya,  ikuti langkah-langkah berikut untuk transfer antar ban k dengan tujuan BJB Bank:

  1. Masukkan kartu ATM ke dalam komputer ATM.
  2. Kemudian masukkan pin kartu ATM.
  3. Jika berhasil, pilih Kirim Uang lalu Antar Banking Online.
  4. Masukkan kode bank BJB dan nomor rekening target. Katakanlah nomor rekening 098765432 dan kodenya adalah 110. Jadi apa yang Anda masukkan adalah 1100987654321.
  5. Masukkan jumlah yang ingin Anda transfer. Pastikan nama nominal yang Anda masukkan sudah benar. Ini karena uang yang ditransfer tidak dapat ditarik. Setelah itu, pilih true.
  6. Layar monitor menampilkan informasi ri ncian untuk penerima Anda.
  7. Jika tidak ada kesalahan atau kesalahan, layar akan meminta Anda untuk mencatat bahwa transaksi berhasil. Mesin ATM kemudian akan mengeluarkan bukti transfer tanda terima. Jika Anda memiliki tas, itu berarti Anda telah berhasil mentransfer transfer.
  8. Jangan lupa untuk menyimpan bukti penerimaan transfer jika perlu.

Saat ini, Anda harus sangat berhati-hati saat melakukan transfer melalui mesin ATM. Ini karena ada begitu banyak modus kejahatan yang ada. Jangan berikan pin ATM kepada siapapun karena sangat berbahaya. Saat Anda memasukkan pin ATM di mesin ATM, Anda bahkan tidak dapat melihat orang-orang di sekitar Anda.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat melakukan transfer antar bank. Yang pertama adalah biaya transfer. Biaya transfer antar bank tergantung pada jumlahnya. Yang kedua adalah kode bank target.  Alangkah baiknya anda mempersiapkan  terlebih dahulu sebelum memasuki  outlet mesin ATM. Misalnya, jika Anda melakukan pengiriman antar bank ke bank BJB seperti pada contoh di atas, harap siapkan kode bank BJB terlebih dahulu.

Learn More :